Liga Spanyol – Gol Nacho Picu kontroversial

0

Nacho Fernandez

Liga Spanyol – Sebuah gol yang diciptakan oleh Nacho Fernandez telah membuka skor pada saat kemenangan Real Madrid dari Sevilla. Gol lewat tembakan bebas tersebut jadi perhatian kalangan publik dan telah memicu kontroversi.

Madrid menang dengan skor cukup telak 4-1 ketika menjamu Sevilla di Santiago Bernabeu, pada hari Senin tanggal 15-05-2017 dinihari WIB. Nacho telah sukses membuka keunggulan Los Blancos, kemudian Cristiano Ronaldo menciptakan 2 gol diikuti 1 gol dari Toni Kroos. Sevilla hanya sanggup membalas 1 kali melalui Stevan Jovetic.

Lalu kemudian yang jadi sorotan publik sepakbola itu ialah bagaimana Madrid menciptakan gol pertama yang dicetak oleh Nacho. Ketika itu laga baru berjalan 10 menit dan Madrid telah dihadiahi tendangan bebas di depan kotak penalti Sevilla, selepas Marco Asensio diganjal Daniel Carrico.

Pada saat para pemain Sevilla tengah bersiap-siap menghadapi keadaan tembakan bebas, termasuk penjaga gawang Sergio Rico, secara tak terduga Nacho menendang bola itu dan masuk ke gawangnya. Tanpa didahului peluit wasit, tanpa tanda apapun.

Tapinya wasit Alberto Undiano Mallenco mengesahkan gol tersebut, biarpun para pemain Sevilla sempat melayangkan protes. Lalu apakah yang telah dilakukan Nacho tersebut melanggar aturan sebab tim bertahan belum siap?

Berita Prediksi Skor Liga Bola Online Terkait  Prediksi Bola Real Madrid vs Sevilla La Liga 2016-2017

Pada dasarnya tembakan bebas langsung, seperti kejadian di dalam kasus Nacho, bisa dilakukan dengan 2 cara: bisa dieksekusi dengan cepat atau meminta agar wasit mengatur pagar pemain terlebih dahulu.

Eksekusi cepat bisa dilancarkan jika tidak dalam situasi yang mendesak seperti pemain yang membutuhkan perawatan disebabkan cedera, pergantian pemain, atau pemberian kartu. Sedangkan buat pilihan ke-2, tim yang berhak meminta pagar pemain juga bukan tim yang bertahan, melainkan tim yang menyerang alias yang mendapati hadiah tembakan bebas.

Oleh karenanya, yang terjadi di laga Madrid versus Sevilla, Nacho sadar betul tak ada rekan setimnya yang meminta wasit mengatur pagar pemain dari Sevilla. Oleh sebab itu dia pun secara langsung mengeksekusi dan sangat wajar jika wasit mengesahkan gol tersebut.

Sebetulnya banyak pemain yang telah menyadari potensi bilamana menghadapi keadaan yang akan diarunginya semacam ini. Maka kerapkali jikalau terjadi suatu pelanggaran dengan tembakan bebas langsung, 1 pemain dari tim bertahan akan segera mendekat ke bola dan berdiri dihadapannya. Hal ini dilakukan agar memaksa tim yang menyerang meminta wasit mengatur pagar pemain.

Berita Prediksi Skor Liga Bola Online Terkait  Prediksi Bola Leicester City vs Kobenhavn Grup G Liga Champions 2016-2017

Eks wasit FIFA berkebangsaan Spanyol Iturralde Gonzalez mengutarakan bahwa apa yang dilakukan Nacho itu sah, sebagaimana pernyataannya yang dikutip Info Sbobet.

“Gol yang diciptakan Real Madrid (Nacho) itu sah, sebab permintaan pengukuran jarak antara bola dengan pagar pemain hadir dari tim yang melakukan serangan, bukan tim yang bertahan,” tutur dirinya.

“Kalau enggak ada permintaan tersebut, tim yang melakukan serangan, bebas mengeksekusi sesuka hatinya, asalkan diambil dari tempat yang semestinya dan bola tidak bergerak pada saat ditendang, sebagaimana yang terjadi di tembakan bebas Nacho,” tuntasnya.

Comments are closed.